Sejak awal berdirinya di tahun 1966, Ancol Taman Impian atau
biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh
Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI
menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek
Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian
nasional serta daya beli masyarakat.
Hal terpenting yang senantiasa menjadi concern PT
Pembangunan Jaya Ancol, Tbk sejak didirikan adalah menjaga hubungan baik dengan
para stakeholder. Terus berinteraksi dan tumbuh bersama para pelanggan,
pemegang saham, investor, karyawan, pemasok, pemerintah, lembaga swadaya
masyarakat (LSM) dan warga sekitar perusahaan, sudah menjadi tekad Ancol.
Sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian, Ancol selalu mencoba untuk memberikan yang terbaik bagi lingkungan sekitarnya dan telah mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan / Corporate Social Responsibility (CSR) secara nyata untuk tumbuh -kembangnya hubungan harmonis dengan masyarakat dan berpartisipasi secara aktif dalam percepatan pembangunan masyarakat melalui kegiatan income generate, pendidikan dan penghijauan sebagai salah satu pilar menuju Ancol Green Company yang menerapkan budaya perusahaan ramah lingkungan.
Program CSR Ancol terdiri dari 5 program utama yang meliputi Program Pendidikan, Program Pengelolaan Lingkungan, Program Sosial Kemasyarakatan, Kegiatan Operasional dan Program Tanggap Darurat. Seluruh program CSR ini berjalan secara bersamaan dan berkesinambungan. Ada banyak program CSR yang telah berjalan dan dikembangkan, antara lain Program ANCOL SAYANG LINGKUNGAN (ASL), SEKOLAH RAKYAT ANCOL (SRA) dan TEENS GO GREEN.
Sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian, Ancol selalu mencoba untuk memberikan yang terbaik bagi lingkungan sekitarnya dan telah mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan / Corporate Social Responsibility (CSR) secara nyata untuk tumbuh -kembangnya hubungan harmonis dengan masyarakat dan berpartisipasi secara aktif dalam percepatan pembangunan masyarakat melalui kegiatan income generate, pendidikan dan penghijauan sebagai salah satu pilar menuju Ancol Green Company yang menerapkan budaya perusahaan ramah lingkungan.
Program CSR Ancol terdiri dari 5 program utama yang meliputi Program Pendidikan, Program Pengelolaan Lingkungan, Program Sosial Kemasyarakatan, Kegiatan Operasional dan Program Tanggap Darurat. Seluruh program CSR ini berjalan secara bersamaan dan berkesinambungan. Ada banyak program CSR yang telah berjalan dan dikembangkan, antara lain Program ANCOL SAYANG LINGKUNGAN (ASL), SEKOLAH RAKYAT ANCOL (SRA) dan TEENS GO GREEN.
PENDIDIKAN
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, perusahaan bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat membangun
Sekolah Rakyat, yang memberikan pendidikan cuma-cuma bagi anak-anak keluarga
tidak mampu di sekitar Ancol dan sekaligus ikut berperan aktif dalam program
pemerintah WAJIB BELAJAR 9 TAHUN melalui pengembangan program Sekolah Rakyat
Ancol (SRA), yang telah membantu warga sekitar dengan memberikan pendidikan
gratis tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) bernama Tempat Kegiatan
Belajar Mandiri Sekolah SMP Terbuka Rakyat Ancol (SRA) di dua kelurahan sekitar
Ancol, yaitu Kelurahan Pademangan Barat dan Ancol.
LINGKUNGAN
Melalui program ASL, Ancol telah mengembangkan kegiatan berbasis masyarakat
sekitar untuk pemanfaatan tanaman produktif untuk obat-obatan dan makanan (cendol
lidah buaya), pembuatan pupuk kompos dan kertas daur ulang yang pada akhirnya
diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar perusahaan.
Bentuk lain kepedulian Ancol dapat dirasakan pada program Bina Lingkungan (BL),
dimana Ancol turut berperan serta dalam hal keamanan, kebersihan dan kenyamanan
lingkungan sekitar. Bantuan yang telah diberikan antara lain pembangunan
fasilitas umum seperti mandi, cuci dan kakus (MCK), perbaikan saluran air dan
jalan lingkungan untuk menghindari banjir yang sering terjadi di musim hujan,
khitanan masal, serta bakti sosial.
Perusahaan juga peduli terhadap penghijauan wilayah guna mewujudkan kawasan
hijau terpadu. Langkah-langkah tersebut terlihat dengan adanya Program
Penanaman 100 Pohon setiap tahunnya, penambahan tanaman bunga sebanyak 1 juta
polybag atau kantong setiap tahun, melakukan pembudidayaan tanaman langka yang
berfungsi untuk menjaga ekosistem, serta penanaman pohon bakau di Kepulauan
Seribu.
SENI & BUDAYA
Di tengah hingar bingar bisnis wisata, kehadiran Ancol sejak awal berdiri
sesungguhnya telah membawa misi kesenian dan kebudayaan. Di kawasan wisata
terpadu ini hampir tak terhitung jumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk
mengekspresikan karya seni, baik kesenian tradisional maupun modern.
Fasilitas-fasilitas ini antara lain berupa panggung dan arena hiburan yang
tersebar hampir di semua wahana. Para pekerja seni, mulai dari penyanyi,
penari, pemain opera, wayang, ketoprak, cakilan dan berbagai kesenian lainnya,
mendapatkan kesempatan luas untuk tampil.
KEGIATAN OPERASIONAL
Keterlibatan warga sekitar perusahaan untuk bekerja di Ancol cenderung
tinggi. Sebanyak kurang lebih 400 pedagang asongan, petugas kebersihan dan ojek
motor ikut bekerja di areal Ancol Taman Impian setiap harinya. Kebutuhan part
timer di pekan libur sekolah, lebaran, natal, tahun baru serta kebutuhan
restoran, foodstall maupun merchandise juga terus bertambah dan selalu
melibatkan warga sekitar perusahaan. Selain itu juga ada sekitar 56 nelayan
perahu wisata yang berasal dari Indramayu ikut serta dalam mengambil manfaat
dari tempat wisata Ancol Taman impian.
PROGRAM SOSIAL
- Khitanan Massal
Merupakan program rutin tahunan untuk membantu pelayanan kesehatan warga
sekitar, petugas kebersihan dan anak karyawan yang kurang mampu. Diadakan 8
Juli 2012 di Masjid Baiturahman, Jaya Ancol bekerjasama dengan Yayasan Rumah
Zakat untuk Tim Dokter khitan serta penanganan pasca khitan, diikuti oleh 250
peserta dari Kelurahan Pademangan Barat, Kelurahan Ancol, Kelurahan Pademangan Timur,
Kelurahan Sunter Agung dan Kepulauan Seribu serta dari Yayasan Yatim Piatu dan
Dhuafa.
- Santunan Massal
Diadakan 15 Agustus 2012 dengan mengundang 600 anak Yatim dan Dhuafa dari
wilayah sekitar, 100 petugas kebersihan serta 100 Purna Bhakti sebagai penerima
santunan, tiket gratis dan goody bag dukungan dari mitra usaha Perseroan.
TANGGAP DARURAT
Tanggap Bencana
Ancol berada di wilayah utara Jakarta, di kelilingi oleh pemukiman padat
penduduk dan langsung bersinggungan dengan bibir pantai sehingga cukup rentan
terhadap musibah kebakaran dan banjir air rob dari laut. Oleh karena itu Ancol
bersama warga Kelurahan Ancol yang tergabung dalam Ancol Sayang Lingkungan
membuat unit tanggap darurat bencana yaitu Ancol Rescue. Tujuan didirikannya
Ancol Rescue adalah agar dapat memberikan bantuan sedini mungkin bagi para
korban musibah seperti kebakaran dan banjir khususnya lansia dan balita dengan
menyediakan nutrisi dalam bentuk bubur kacang hijau, susu dan roti. Selain itu
setelah memberikan bantuan nutrisi, Ancol Rescue juga membagikan bantuan
pakaian bekas layak pakai yang sudah dikumpulkan oleh karyawan Ancol.
Sumber :
http://www.ancol.com/infokorporat
http://www.ancol.com/infokorporat/csr
Sumber :
http://www.ancol.com/infokorporat
http://www.ancol.com/infokorporat/csr
0 komentar:
Posting Komentar