Rabu, 17 Oktober 2012

Segmentasi Pasar

Apakah yang anda lakukan pada saat anda ke pasar atau mall yang anda kunjungi ?

jawaban lebih tepatnya yang pasti adalah belanja. Entah itu belanja kebutuhan sehari-hari, pakaian, celana, tas, sepatu,dll. Apabila masuk kedalam pasar atau mall anda akan bingung ingin masuk ke toko yang mana karena setiap toko menjual produk yang berbeda-beda. Oleh karena itu anda harus mengetahui tentang segmentasi pasar.

Mengapa setiap perusahaan atau pasar melakukan segmentasi pasar ?

Dalam kenyataan, pasar tidak hanya dilayani oleh satu perusahaan saja. Banyak pesaing-pesaing perusahaan yang berusaha merebut untuk dapat memenuhi permintaan pasar. Oleh karena itu perusahaan perlu meningkatkan kemampuan melayani pasar dan sekaligus juga mengalahkan pesaing-pesaingnya. Perusahaan atau produsen untuk menguasai keseluruhan pasar maka harus melakukan segmentasi pasar. Dimana segmentasi pasar itu sendiri adalah membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Utuk menjamin keberhasilan suatu rencana pemasaran perusahaan harus menentukan variable-variabel segmentasi pasar itu sendiri di antaranya sebagai berikut :
1. Segmentasi Geografis, membagi pasar menurut wilayah, pemukiman, perkotaan, dan sebagainya.
2. Segmentasi Demografis, membagi pasar menurut usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya.
3. Segmentasi Psikografis, membagi pasar menurut sikap, motivasi, dan persepsi konsumen terhadap produk tertentu.
4. Segmentasi kebiasaan, biasanya dikelompokkan berdasarkan sikap kebiasaan membeli dan mengkonsumsi .

Menentukan segmentasi pasar

Apabila anda seorang marketing maka anda harus menentukan strategi marketing yang dapat di cakup dipasaran dan kriterianya sebagai berikut :
1. Mudah diakses
Dapatkah anda mencapai segmen melalui biaya komunikasi yang efektif dan praktis termasuk alur distribusi?
2. Terukur
Dapatkah anda memperkirakan ukuran segmen sehingga anda dapat mengalokasikan sesuai anggaran pemasaran?
3. Substansial
Apakah segmentasinya besar dan cukup tahan lama untuk membenarkan kegiatan pemasaran sendiri?
4. Layak
Dapatkah orang-orang dalam segmen membeli produk anda dan mereka melihat keuntungan yang jelas dan diinginkan dibandingkan dengan barang atau jasa lainnya ?

sumber :
1. Budiarto, Teguh, Dasar Pemasaran, Universitas Gunadarma, Jakarta, 1993.
2. http://www.makeallhappen.com/marketing/segmentasi-pasar-memahami-kebutuhan-pelanggan.html.